5 Kebiasaan saat berolahraga yang dapat merusak kulit


Berolahraga memang menghasilkan banyak manfaat. Selain membuat tubuh dan pikiran segar, juga dapat menjaga agar timbangan berat badan tetap stabil. Tetapi olahraga yang dilakukan dengan cara yang salah ternyata juga bisa mengganggu kecantikan kulit, lho. Hal tersebut bisa terjadi karena tanpa sadar kita memelihara kebiasaan buruk saat sedang yoga, berlatih di gym, atau jogging. Apa sajakah kebiasaan buruk tersebut? Berikut ini kami paparkan untuk Anda seperti dilansir She Knows.

1. Memakai makeup
Meskipun Anda selalu ingin tampil cantik, tetapi memakai makeup saat berolahraga ternyata sangat tidak disarankan, lho. Pasalnya saat berolahraga tubuh mengeluarkan racun melalui keringat yang keluar dari pori-pori. Jika pori-pori Anda tertutup oleh makeup tebal, racun-racun tersebut akan terjebak di permukaan, menyumbat pori-pori, dan menimbulkan jerawat.

2. Menggunakan matras yang tidak bersih
Siapa sangka kalau matras yoga yang tidak bersih bisa membawa banyak masalah untuk kecantikan kulit? Matras sering bersentuhan dengan keringat yang Anda keluarkan saat berlatih yoga dan debu tak kasat mata yang menempel di lantai. Karena itu harus rajin dibersihkan. Jika wajah dan kulit punggung Anda yang lembap bersentuhan langsung dengan matras tersebut, salah-salah bakteri di permukaannya akan berpindah ke kulit Anda dan menimbulkan iritasi serta jerawat.

3. Menunda mandi setelah olah raga
Hanya karena Anda tidak berkeringat banyak bukan berarti Anda boleh menunda-nunda membersihkan diri, apalagi jika melewatkan mandi sampai berjam-jam sesudah olah raga. Sempatkan untuk membersihkan diri terlebih dahulu sesudah olah raga. Jika Anda harus melakukannya di tempat bilas bersama di kolam renang umum atau sauna, pastikan untuk selalu mengenakan alas kaki agar bakteri serta jamur yang mungkin menempel di permukaan lantai tempat bilas tidak berpindah ke kaki Anda. Tentunya Anda tidak ingin terserang kutu air gara-gara hal tersebut, bukan?

4.Memakai sepatu yang terlalu sempit
Sepatu olah raga yang terlalu sempit ternyata juga bisa menimbulkan masalah serius bagi kulit Anda, lho. Jika sepatu yang Anda pakai ukurannya tidak pas, salah-salah jari kaki akan tertekan dan bergesekan dengan bagian dalam sepatu. Jari Anda bisa terkilir karena hal itu. Apalagi jika kuku Anda kebetulan panjang. Kuku yang panjang tersebut bisa melukai kulit jari kaki di sampingnya dan menyebabkan infeksi.

5.Mengusap wajah dengan tangan
Jangan mengusap wajah yang sedang berkeringat dengan tangan telanjang, terutama jika Anda sedang berolahraga dengan alta di gym. Alat-alat olah raga di gym dipakai oleh banyak orang secara bergantian, dan Anda tentunya tidak tahu apakah orang-orang yang menggunakan alat treadmill sebelum Anda selalu menjaga kebersihan. Daripada wajah berjerawat karena kesalahan sederhana ini, lebih baik selalu siapkan handuk kecil untuk mengusap wajah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s