5 Langkah untuk mengatasi krisis kepercayaan dalam hubungan


Anda sering berselisih dengan pacar karena dia suka cemburu atau bersikap terlalu manja kepada Anda? Jangan terburu-buru untuk mengakhiri hubungan, ya. Cemburu atau sikap bergantung yang ditunjukkan pasangan bisa jadi disebabkan karena rasa tak aman kekasih dalam menjalani hubungan dengan Anda. Cinta memang emosi yang sangat intens, sampai kadang membuat seseorang merasakan kekhawatiran yang besar, entah itu khawatir ditinggalkan atau khawatir dilukai. Karena itulah Anda perlu menyimak lima tips yang kami rangkum dari eHarmony berikut.

1.Introspeksi
Introspeksi diri Anda sendiri terlebih dahulu. Apakah ketidakpercayaan pasangan kepada hubungan kalian disebabkan karena perilaku Anda? Bisa jadi sikap Anda dalam menjalani hubungan yang membuat dia menjadi merasa tak aman. Apakah Anda sering tidak menepati janji yang Anda buat? Apakah Anda tanpa sadar Anda tanpa sadar Anda sering membanding-bandingkan dia dengan mantan Anda?

2.Selesaikan bersama-sama
Walaupun Anda kesal dengan tingkahnya, cobalah memahami posisinya. Bukan tidak mungkin rasa tidak amannya dipicu karena trauma akibat kegagalan hubungan di masa lalu atau sebab lainnya. Ajak dia bicara baik-baik, bahas semua ketakutannya, dan yakinkan dia bahwa kekhawatirannya itu tidak beralasan. Intinya buat dia percaya dengan menunjukkan kesabaran dan pengertian.

3.Berkompromi
Jika sebagian dari sikap cemburu atau kemanjaannya merupakan sifat bawaan yang tidak bisa dirubah dan menurut Anda masih dalam batas kewajaran, tak ada salahnya kalau Anda mencoba membiasakan diri untuk menerimanya. Bagaimanapun juga kita harus bisa menerima pasangan apa adanya, bukan? Termasuk menerima kekurangan-kekurangannya yang tak bisa dirubah.

4.Ingatkan dia
Kalau ada bagian dari perilaku yang mencerminkan ketidakyakinannya pada Anda tetapi masih bisa ditoleransi, pasti ada juga yang tidak bisa diterima. Jika perilakunya yang manja atau cemburuan semakin menjadi-jadi dan hal tersebut mulai mengganggu ketenangan hubungan kalian, berarti ini saatnya bagi Anda untuk bersikap sedikit tegas. Ingatkan dia agar mengurangi sikap berlebihan tersebut. Tetapi pastikan dulu sikap mana yang masih bisa Anda toleransi dan mana yang tidak.

5.Pastikan ada perubahan
Setelah Anda menjalankan empat opsi di atas, coba perhatikan perkembangan hubungan kalian selama beberapa waktu. Perhatikan pula apakah ada perubahan ke arah yang lebih baik dalam sikapnya. Jika iya, berarti ketidakyakinannya kepada Anda selama ini cuma kesalahpahaman yang bisa diselesaikan dengan komunikasi. Tetapi jika tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik, mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk memikirkan kembali apakah hubungan tersebut memang layak diperjuangkan? Anda tidak ingin menghabiskan sisa hidup dengan pertengkaran karena persoalan yang itu-itu juga, kan?

Nah, itulah lima langkah yang bisa Anda tempuh jika kekasih Anda menunjukkan tanda kalau dia tidak yakin terhadap Anda dan hubungan kalian.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s