6 Tips untuk mengatasi kulit mengelupas karena matahari


Setelah bermain di pantai yang panas atau setelah terpapar sinar matahari seharian, biasanya kulit jadi terbakar. Kulit jadi kemerahan dan beberapa hari kemudian mulai mengelupas. Biasanya orang lebih suka membiarkan saja hal ini, atau malah sengaja mengelupas kulit mati yang masih menempel tersebut. Padahal tindakan ini bisa menjadikan kerusakan kulit semakin parah. Karena itu lebih baik Anda menyimak enam langkah sederhana untuk merawat kulit yang mengelupas karena terbakar matahari dari She Knows berikut.

1.Dinginkan kulit
Begitu menyadari kalau kulit Anda memerah karena terbakar matahari, langsung dinginkan dengan air. Anda bisa meletakkan handuk basah di permukaan kulit yang terbakar tadi. Jangan digosok-gosok, biarkan saja air di handuk tersebut meresap ke kulit Anda. Atau Anda juga bisa mengoleskan produk perawatan kulit yang memang khusus untuk merawat kulit yang sering terpapar sinar matahari. Biasanya produk seperti ini mengandung bahan yang bersifat mendinginkan kulit seperti aloe vera atau mentimun.

2.Jangan digaruk
Setelah beberapa hari kulit yang terbakar sinar matahari biasanya mulai mengelupas. Rasanya gatal dan tidak nyaman. Tetapi jangan sekali-sekali menggaruknya, ya. Menggaruk kulit yang sedang mengelupas dapat meningkatkan peradangan pada permukaan kulit dan akhirnya menimbulkan bekas parut yang tidak sedap dipandang.

3.Jaga kelembapan kulit dengan moisturizer
Karena kulit yang terbakar matahari hingga mengelupas biasanya berubah menjadi kering, jangan sampai lupa untuk mengoleskan lotion di sehabis mandi atau kapanpun saat kulit terasa kering. Tetapi pilihlah lotion dengan bahan alami yang memiliki formula ringan untuk kulit.

4.Perbanyak minum
Untuk merawat kulit yang terkelupas karena terbakar matahari tidak hanya diperlukan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam juga perlu. Cara terbaik adalah rehidrasi tubuh dengan banyak minum. Sepuluh gelas air putih dan jus yang terbuat dari buah-buahan segar akan membantu meningkatkan kesegaran kulit serta membantu mempercepat regenerasi kulit.

5.Vitamin
Selain memperbanyak minum, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin C dan E untuk penyembuhan. Kedua vitamin ini sangat diperlukan untuk menghentikan kerusakan kulit serta regenerasi sel kulit yang mati.

6.Jangan dikelupas
Apapun yang terjadi, jangan mengelupas kulit mati di wajah, tangan, atau kaki Anda. Biarkan kulit mati tersebut terkelupas dengan sendirinya. Jika Anda kelupas sendiri, bisa jadi akan timbul luka dan infeksi.

Itulah enam langkah untuk merawat kulit yang terkelupas. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s