Berpikir Positif Saat Keuangan Sedang Sulit


Setiap orang akan mengalami masa-masa keuangan yang sulit. Dibuat stres sudah pasti. Namun Anda tidak perlu terlalu lama meratapi kesusahan. TalkMen memberikan beberapa tips yang bisa diaplikasikan saat berhadapan dengan kerasnya masalah financial.

Percaya bahwa semuanya akan baik-baik sajaStaying positive adalah salah satu kunci utamanya, karena kepanikan hanya akan membuat Anda semakin repot. Percaya bahwa semua hal sulit yang sedang Anda hadapi akan berangsur lebih baik akan memberi motivasi tersendiri, karena yang mampu mengatur strategi dalam situasi sulit hanya Anda sendiri.

Carilah orang-orang yang Anda percayai

Kerabat dari kalangan teman atau keluarga yang bisa Anda percayai adalah salah satu faktor penting dalam situasi ini. Mereka bisa memberikan dukungan yang berarti, dalam bentuk materi atau hal lainnya. Mereka bisa menjadi pendongkrak semangat, selama Anda percaya pada diri sendiri.

Susun rencana masa depan

Mungkin situasi Anda saat ini sudah terasa cukup buruk dan berpikir positif adalah hal penting, namun bukan berarti bencana lain tidak akan datang. Untuk itulah Anda membutuhkan strategi dan rencana dengan melakukan studi kasus tentang hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba mobil Anda membutuhkan perbaikan yang ternyata memakan biaya cukup besar? Apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba Anda kehilangan pekerjaan?

Jangan terlalu memikirkan sesuatu yang tidak bisa Anda kontrol

Seperti halnya cuaca, ekonomi dan job market adalah hal yang tidak bisa Anda kontrol. Situasi berganti setiap harinya dan satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan hanyalah berpikir dengan kepala dingin sambil mengatur strategi yang baik untuk menghadapi situasi sulit yang tidak jarang menyerang dengan tiba-tiba.

Menabung itu penting

Sejak kecil, Anda diajarkan untuk menabung. Dan menabung adalah hal yang penting. Tidak hanya melatih kedisiplinan diri dalam mengelola keuangan, menabung juga sangat berguna ketika Anda dihadapkan dengan situasi sulit yang datang tiba-tiba. Menabung akan membuat banyak masalah atau kebutuhan di kedepannya menjadi lebih ringan.

Dengan lima tips di atas, setidaknya Anda bisa mempersiapkan diri terhadap kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Karena semua orang akan mengalaminya, tergantung bagaimana Anda menghadapinya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s