10 Rahasia cantik alami ala oriental


Wanita Jepang, Korea, dan China sejak dulu dikenal karena kecantikan mereka. Selain memiliki kulit yang bersih dan cerah, wanita dari tiga negara oriental tersebut juga terkenal mampu menjaga kecantikan mereka sampai usia senja. Jauh sebelum dunia mengenal operasi plastik, para wanita di negara tersebut sudah memanfaatkan alam untuk melindungi aset berharga mereka. Apa saja bahan-bahan almi yang menjadi rahasia kecantikan para wanita dari ketiga negara tersebut? Berikut ini kami tampilkan untuk Anda sepuluh resep cantik dan awet muda ala oriental yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.Goji berry
Anda pasti sudah pernah mendengar tentang goji berry. Menurut Huffington Post, buah berwarna merah yang juga dikenal dengan nama wolf berry ini konon ampuh untuk menjaga keremajaan kulit para wanita China sejak berabad-abad lalu. Goji berry kaya akan vitamin C, vitamin E, mineral, dan karoten yang diperlukan untuk regenerasi sel. Karena itulah buah ini dijadikan berbagai kosmetik, mulai dari lotion, krim wajah, sampai minuman kesehatan. Bahkan diva pop Madonna rajin mengonsumsi goji berry segar agar kulitnya senantiasa muda.

2.Daun mint
Kalau wajah Anda memiliki bercak-bercak hitam karena terpapar sinar ultra violet atau jerawat, tirulah resep alami dari wanita-wanita Jepang serta China. Daun mint. Haluskan segenggam daun mint sampai menjadi pasta, lalu oleskan ke wajah. Jika dilakukan setiap hari, wajah akan terbebas dari bintik hitam. Tetapi hati-hati jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Daun mint memiliki permukaan dengan bulu halus yang kadang membuat kulit terasa gatal. Karena itu sebelum mengoleskan ke wajah sebaiknya lakukan tes sensitifitas dengan mengoleskannya pada kulit tangan terlebih dahulu.

3.Air cucian beras
Sudah tidak asing lagi dengan produk kecantikan yang diklaim sebagai miracle water, bukan? Produk yang konon dapat menjadikan kulit sebening kristal tersebut terinspirasi dari kebiasaan para wanita Jepang, China, dan Korea zaman dahulu yang suka mencuci wajah dengan air cucian beras atau mengenakan bedak dingin yang terbuat dari beras tumbuk. Beras kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat meremajakan serta mempercantik kulit.

4.Teh hijau bubuk (matcha)
Matcha adalah teh hijau dalam bentuk bubuk yang biasa digunakan dalam upacara minum teh tradisional di Jepang. Sudah umum diketahui kalau bahan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Selain mengandung vitamin C dan antioksidan yang lebih tinggi daripada sebagian besar buah-buahan, teh hijau juga dapat mencerahkan kulit serta mengatasi jerawat. Teh hijau dalam kantung juga ampuh untuk mengatasi mata yang sembab karena kelelahan atau kurang cairan.

5.Wakame
Wakame adalah istilah Jepang untuk rumput laut. Sayuran laut ini mengandung magnesium, yodium, kalsium, zat besi, dan folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itulah warga Korea, Jepang, dan China rajin mengonsumsi bahan makanan ini agar tubuh mereka tetap sehat.

Selain itu wakame juga mengandung vitamin A, C, E, dan K yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Para wanita oriental menggunakan wakame sebagai bahan masker alami. Wanita-wanita penghibur China tempo dulu memanfaatkannya untuk mengangkat sel kulit mati. Jika Anda ingin meniru resep kecantikan ini, cukup haluskan rumput laut lalu oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

6.Kotoran burung bulbul
Mungkin Anda sudah sering mendengar yang satu ini. Facial kotoran burung bulbul yang jadi perawatan kecantikan favorit pasangan Victoria dan David Beckham. Kotoran burung ini dipercaya oleh para geisha tradisional Jepang untuk menjadikan kulit mereka yang setiap hari dipoles makeup putih tebal tetap sehat dan awet muda.

7.Jamur Es
Jamur kuping putih atau yang di Indonesia juga dikenal sebagai jamur es adalah salah satu resep cantik wanita China sejak ratusan tahun lalu. Konon Yang Guifei, selir dari zaman Dinasti Tang yang disebut-sebut sebagai salah satu wanita tercantik dalam sejarah China memanfaatkan jamur yang lezat dimakan ini untuk menjaga kecantikannya.

Menurut Makeup Journal jamur ini mengandung antioksidan tinggi, vitamin D dan serat pangan alami yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu juga sudah dipercaya dalam pengobatan China sebagai obat untuk berbagai penyakit seperti jantung dan darah tinggi.

8.Bubuk mutiara
Sudah tidak asing lagi, kan, dengan produk-produk kecantikan yang mengandung bubuk mutiara? Mutiara sudah sejak berabad-abad lalu dimanfaatkan oleh wan ita China dan Jepang untuk menjaga kecantikan. Putri-putri China zaman dahulu menggunakan bubuk mutiara asli untuk menghilangkan kerutan dan menjadikan kulit wajah lebih cerah.

9.Ginseng
Ginseng merupakan tanaman obat yang menjadi bahan ramuan kesehatan andalan China, Jepang, dan Korea. Penduduk dari tiga negara tersebut bisa mengonsumsi ginseng dalam bentuk tonikum buatan sendiri atau dicampurkan ke dalam makanan dan minuman. Selain dapat meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh, ginseng juga dapat mencegah penuaan dini berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

10.Kacang hijau
Bubuk kacang hijau ternyata juga menjadi salah satu rahasia kecantikan wanita oriental. JEnis kacang yang juga mudah ditemui di Indoensia ini mengandung banyak vitamin E yang dapat meremajakan kulit. Kacang hijau dapat menjadikan wajah lebih halus dan bebas jerawat. Selain itu air rebusannya juga dipercaya dapat membuat rambut lebih subur.

Itulah sepuluh rahasia cantik alami ala wanita Jepang, China, dan Korea. Bahan-bahannya mudah ditemukan, dan cara pembuatannya pun gampang. Jadi Anda bisa menirunya di rumah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s