Apakah Makanan Mempengaruhi Kualitas Sperma Pria?


Seorang dokter asal Sydney mengungkapkan, satu dari enam pasangan mengalami kesulitan memiliki momongan. Dan sekitar 50% penyebab pasangan itu susah punya anak adalah karena masalah sperma.

Hal di atas diungkapkan oleh Direktur Fertifility First Dr Anne Clark. Dokter yang berpraktek di Sydney, Australia itu mengatakan, terkadang masalah pada sperma pria itu terjadi karena pengaruh makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Makanan atau minuman yang dikonsumsi pria ini bisa mempengaruhi bagus atau tidaknya performa sperma saat berusaha membuahi sel telur. Pada pria dengan kesuburan yang sehat, setidaknya 25% sperma mereka bisa berenang dengan progresif menuju sel telur. Ketika sperma tersebut tidak bisa berenang menuju sel telur, berarti sperma tersebut rusak atau tidak berkualias.

Kemampuan sperma untuk berenang ini dikenal dengan nama motilitas. Rendahnya motilitas menjadi tanda kerusakan DNA sperma yang biasanya disebabkan karena terlalu banyaknya radikal bebas di dalam tubuh.

“Jika 20% sperma terbukti DNA nya rusak, kesempatan pasangan untuk memiliki anak rendah dan risiko keguguran menjadi 3-4 kali lebih tinggi,” ujar Dr Anne seperti dikutip ABC.

Jumlah radikal bebas di dalam tubuh ini salah satunya dipengaruhi makanan. Dr. Anne mengatakan, setiap orang yang sedang berusaha untuk punya anak harus memperhatikan pola makan mereka. Orang-orang ini sebaiknya mengonsumsi banyak buah, sayur-sayuran dan gandum yang kaya antioksidan. Makanan-makanan tersebut bisa mengurangi jumlah radikal bebas yang merusak sperma.

Berikut ini makanan yang sebaiknya dikonsumsi para pria agar sperma mereka berkualitas sehingga keinginan memiliki anak cepat tercapai:

Makan Makanan yang Kaya akan Vitamin C
Vitamin C dan antioksidan lainnya membantu mencegah cacatnya sperma dan meningkatkan motilitas (kemampuan bergerak) dari sperma. Minumlah paling sedikit 90 mg vitamin c, dan bagi pria yang merokok minimal 125 mg setiap harinya.

Penuhi Kebutuhan Zinc
Sebuah studi membuktikan kekurangan zinc akan menyebabkan berkuranganya air mani dan kadar testoteron. Konsumsilah makanan yang kaya akan zinc seperti tiram, daging sapi, kacang panggang dan daging ayam kampung.

Tambahkan Asam Folat
Menurunnya kualitas sperma dapat disebabkan karena kurangnya asam folat dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat ini bisa dengan mengonsumsi multivitamin atau suplemen. Asam folat juga ada di makanan seperti seral, sayuran hijau, jus jeruk dan kacang-kacangan.

Konsumsi Kalsium dan Vitamin D
Susu dan salmon diketahui memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu Anda bisa memberikan yogurt kepada pasangan. Konsumsilah 1.000 mg kalsium dan 400 microgram vitamin D.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s