Jerawatan Karena Pori-pori Besar di Wajah? Ini Cara Mengatasinya


Pori-pori besar di wajah adalah faktor utama pembentukan jerawat. Saat memakai pemakaian makeup tak maksimal. Produksi minyak wajah juga akan semakin banyak karena pori-porinya terbuka besar.

Pori-pori ini kalau tersumbat akibat debu akan memicu komedo dan jerawat batu. Yuk simak tips mengecilkan pori besar di wajah berikut!
* Masker Madu
Madu sangat bermamfaat buat kulit. Rajin-rajin deh pakai madu alami buat masker wajah. Madu juga menghilangkan debu di pori terkecil dan paling dalam yang sulit dijangkau pembersih wajah atau scrub. Tanpa bikin wajah kita kering dan iritasi. Supaya menghambat pertumbuhan komedo dan jerawat, tambahkan beberapa tetes jus lemon pada madu sebelum memakainya sebagai masker.
* Strip Pori Homemade
Tahu kan produk strip pori yang banyak dijual di pasaran. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan harga terjangkau dan bebas bahan kimia berbahaya. Cukup mengambil satu setengah sendok makan susu murni atau uht, dan 1 sendok gelatin/agar-agar tanpa rasa atau warna. Campur dan taruh dalam microwave selama 10 detik. Ambil kuas dan oleskan dibagian pori besar dan berkomedo. Campuran ini selain berguna sebagai strip komedo, juga masker mengecilkan pori secara alami. Lemak, minyak, kotoran, debu dan komedo akan terangkat saat kita mengambil film atau lapisan kering gelatin dari kulit.

*Lemon dan Timun
Untuk mengecilkan pori besar di wajah dan kulit menjadi halus, bisa menggunakan lemon dan timun. Caranya haluskan timun dengan blender, saring airnya. Tambahkan air perasan timun dengan sedikit jus lemon aduk rata dan pakai sebagai masker, toner atau penyegar wajah setelah membersihkan wajah. Supaya hasilnya maksimal, taruh air lemon dan timun dalam lemari pendingin sebelum memakainya.

* Mentega Susu
Mentega susu atau buttermilk adalah ramuan tradisional cewek Eropa buat mengecilkan pori. Caranya dengan mencampur mentega ini dengan sedikit garam. Kalau sulit mencari mentega susu, bisa menggunakan susu murni atau uht. Oleskan di bagian pori wajah yang besar setelah membersikannya. Tunggu selama 10 menit dan basuh dengan air hangat hingga bersih. Lalu basuh dengan air es dua kali. Lakukan perawatan ini seminggu 3 kali supaya pori menjadi normal dalam dua minggu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s