Pantau Kondisi ‘Pabrik Sperma’, Pria Dianjurkan Sering Cek Testis


Pada pria, testis memegang peranan penting dalam hal reproduksi karena perannya sebagai pabrik sperma. Nah, salah satu cara agar pabrik sperma tetap bisa berfungsi dengan baik yakni dengan mengecek bola testis.

“Pria memang disarankan untuk sering-sering mengecek bola testis. Waktu yang paling baik untuk mengecek bola testis adalah selama atau setelah mandi dengan air hangat,” tutur seksolog Dr dr Andri Wanananda MS .

Penggunaan air hangat bertujuan untuk membuat skrotum (buah zakar) menjadi rileks dan tenang sehingga bola-bola testis bisa diperiksa dengan mudah. Biasanya, dikatakan dr Andri, bola testis bagian kanan sedikit lebih besar daripada bagian kiri.

Sementara itu, bola testis kiri posisinya lebih rendah daripada yang kanan. “Jika keadaan bola-bola testis seperti itu, tak perlu khawatir karena hal itu normal. Tapi jika besarnya sudah tidak wajar maka patut diwaspadai,” ujar dr Andri.

Kelainan pada bola testis contohnya jika ada massa, gumpalan atau benjolan yang tidak normal di bagian depan atau samping testis. Sebab, adanya benjolan bisa jadi pertanda gangguan testis, apalagi jika menimbulkan rasa sakit.

Kondisi salah satu testis yang membesar bisa disebabkan oleh tiga hal yaitu:

1. Hernia Scrotalis (burut usus yang turun ke dalam buah zakar)
2. Varicocele (gangguan pada saluran sperma yang dikenal sebagai Vas Deferens)
3. Tumor testis.

“Sepanjang tidak sakit atau nyeri, buah zakar yang hanya sedikit besar sebelah sebenarnya normal-normal saja,” tutup dr Andri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s