Periksa Payudara Sendiri di Rumah? Gampang, Begini Caranya


Skrining penyakit kanker memang seharusnya dilakukan sedini mungkin. Pernyataan tersebut bukan disebutkan tanpa alasan, jika di deteksi dan ditemukan lebih awal, maka pengobatan yang dilakukan akan lebih sebentar. Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak.

Salah satu alasan mengapa wanita enggan melakukan skrining kanker payudara adalah ketakukan bahwa jika ditemukan kanker pada payudara mereka, maka otomatis payudara mereka akan diangkat agar sel kanker tidak menyebar ke seluruh tubuh. Apakah benar seperti itu?

dr. Cahyo Novianto, M.Si.Med, SpB-Onk, ahli bedah onkologi dari RS Puri Indah mengatakan bahwa tidak selalu harus seperti itu. Menurutnya, tindakan operasi mastektomi atau pengangkatan payudara hanya dilakukan pada kasus kanker payudara yang sudah memasuki stadium 3 atau stadium lanjut.

“Jika ditemukan sebelum itu, bisa sembuh hanya dengan kemoterapi. Bahkan jika ditemukan lebih dini yaitu ketika masih dalam pre-kanker, bisa sembuh 100 persen,” paparnya
Nah sebelum terlambat, ada baiknya jika para wanita melakukan skrining sendiri di rumah. dr Cahyo pun mengajarkan cara skrining kanker payudara yang dinamainya SADARI, yaitu singkatan dari Periksa Payudara Sendiri. Caranya pun mudah.

“Berdiri menghadap cermin yang besar. Angkat tangan Anda ke atas kepala. Perhatikan apakah ada benjolan atau kelainan lain pada payudara Anda,” papar dr Cahyo.

Jika dari penglihatan mata tidak ditemukan keanehan, dr Cahyo mengatakan langkah kedua adalah melakukan pijatan kecil pada payudara. Ia menganjurkan menggunakan 3 jari saja, yaitu jari telunjuk, jari tengah dan jari manis.

“Pijat lembut dari atas (bagian luar payudara) sampai ke bawah. Lakukan dengan gerakan memutar seperti ular sehingga makin lama pijatan makin mengarah ke bagian tengah (puting) payudara,” sambungnya lagi.

Jika pada pemeriksaan sendiri Anda menemui kejanggalan pada payudara Anda seperti benjolan, cekungan, puting yang melesak ke dalam, atau kulit payudara yang terasa kasar seperti kulit jeruk, segera temui dokter bedah terdekat untuk melakukan pemeriksaan. Bisa jadi itu gejala kanker.

“Yang perlu diingat bahwa pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan seminggu setelah periode menstruasi selesai. Karena selama menstruasi, payudara akan dipenuhi hormon estrogen, yang dapat membuat payudara lebih keras dan berbenjol-benjol,” pungkas dr Cahyo.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s