di negara ini polisi nya paling korup [ Indonesia, malaysia, brunei termaasuk ga ya ]


 

Polisi seharusnya menegakkan keadilan dan ketertiban hukum di suatu negara. Di tangan petugas kepolisian lah warga menaruh kepercayaan agar bisa merasa aman. Polisi sebagai profesi harusnya dijalani secara profesional, merdeka, tanpa disusupi pelbagai kepentingan demi mengemban penuh amanat rakyat.Namun apa jadinya jika polisi menjadi kaki tangan penguasa?

Demi harta, kedudukan, dan kepuasan lain banyak petugas kepolisian sejagat menggadaikan profesinya. Hukum menjadi terbeli. Praktik ilegal apa pun dibenarkan, kekerasan atas nama keadilan sepihak dilakukan. Banyak polisi di dunia telah terjebak dengan korupsi yang justru memasung hak dan kewajiban mereka sebagai penegak kebenaran.Korupsi polisi terjadi di pelbagai belahan sejagat. Menurut harian Times yang dilansir wonderslist.com, setidaknya ada lima negara punya aparat penegak hukum paling maruk harta. Petugas di negara mana saja? Berikut ulasannya.

 

 

1. Haiti

Haiti ada di posisi pertama yang polisi negaranya paling korup sejagat. Mereka juga memberikan contoh yang buruk rusaknya sosial budaya di negara itu. Praktik kotor korupsidilakukan bahkan terang-terangan.

Satu dekade belakangan polisi Haiti terbukti melakukan serangkaian kekerasan pada rakyat, melanggar hukum termasuk menculik, melindungi peredaran narkotika, serta brutal dalam menyelesaikan perkara dengan warga. Mereka bahkan membiarkan terjadinya perang antar geng menjadi pemicu perang sipil.

 

2. Meksiko

 

Meksiko menjadi negara kedua polisinya paling banyak korup sejagat. Kekacauan korps kepolisian bahkan semakin memburuk dari hari ke hari. Tingkat kriminal tinggi terutama di Ibu Kota Mexico City dan perbatasan antar kota lantaran penegak hukum sibuk memperkaya diri sendiri dengan alasan gaji kecil.

Polisi Meksiko juga menggadaikan profesi mereka dan melindungi kelompok perdagangan narkotika atau biasa disebut kartel. Mereka tak peduli dengan pemberitaan miring seputar kriminal dilakukan oleh kartel-kartel itu bahkan tidak menyelidiki banyak kekerasan akibatnya. Kepolisian Meksiko juga sering memenjarakan warga yang mencoba menguak fakta dan melaporkan kekacauan dilakukan oleh anggota kartel.

 

3. Kenya

Kenya berada di urutan ketiga polisinya paling korup sedunia. Menurut laporan kelompok Transparansi Internasional, sekitar 92 persen warga mengeluhkan aparat yang doyan duit. Banyak masyarakat bahkan harus membayar upeti pada petugas per tahunnya, terutama mereka yang membuka bisnis atau punya toko.

Selain itu warga juga harus menyogok polisi demi mendapatkan akses pelayanan masyarakat seperti pelayanan umum, pendidikan, dan kesehatan. Aparat ini menetapkan tarif di pelbagai pelayanan publik strategis.

4.
Myanmar

Kepolisian Myanmar berada di peringkat empat daftar aparat terkorup sejagat. Mereka memberikan beban biaya tinggi bagi seseorang yang melapor mengalami kerugian jika kasusnya ingin ditangani. Mereka kadang juga berpatroli ke jalan-jalan dan meminta uang warga terutama membuka usaha kecil.

Myamar diperintah oleh rezim militer otomatis hak dan kewajiban warga termasuk polisi ada di tangan angkatan bersenjata. Masyarakat menuding militer campur tangan dalam pemerasan uang dilakukan oleh polisi ke warga.

 

5. Irak

 Polisi Irak menempati posisi buncit paling korup sejagat. Namun kelakuan mereka sama bejatnya dengan aparat negara lain yang hobi menggendutkan rekening sendiri.

Polisi Irak diketahui menjadi dalang sejumlah penculikan dan terorisme. Beberapa perampokan dan kekerasan terjadi juga dibiarkan lantaran para penjahat ikut membagi hasilnya dengan aparat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s