Pemimpin dunia paling korup


Pemimpin seharusnya menjadi contoh bagi warga, namun kelima orang ini nampaknya tidak bisa jadi panutan. Mereka terkenal korup saat menjabat sebagai kepala di negaranya.Dilansir dari tiptoptens.com, para pemimpin korup ini banyak datang dari negara dunia ketiga, paling banyak penduduk miskin dibanding orang kaya sebab uang negara disedot untuk memperkaya diri mereka. Duit rakyat yang mereka rampok mencapai triliunan, bisa menghidupi anak cucu hingga tujuh turunan.Siapa saja pemimpin dunia paling korup? Berikut ulasannya.

 

Jean Claude Duvalier

 Presiden Haiti Jean Claude Duvalier berada di peringkat pertama pemimpin paling korup sejagat. Saat dia berkuasa pada 1971 sampai 1986 , Haiti menjalin hubungan baik dengan Amerika Serikat sebab dia menganut paham anti-komunis.

Duvalier mempunyai kekuatan dan selalu bergaya hidup mewah. Dia sempat merayakan perkawinan dengan biaya Rp 28,8 miliar saat rakyatnya tengah dibantai oleh militer Haiti dan ramai-ramai mengungsi keluar negara itu. Duvalier juga bertanggung jawab atas perdagangan manusia serta bagian tubuh mereka waktu kelaparan melanda Haiti.

Uang hasil rasuahnya senilai total Rp 7,7 triliun. Atas kejahatannya ini, dia ditahan dan diawasi di penjara Ibu Kota Port-au Prince.

 

 

Alberto Fujimori

Alberto Kenya Fujimori menjabat presiden Peru selama satu dekade. Meski hanya dua kali kepemimpinan, nyatanya dia mampu mengeruk kekayaan negara itu hingga Rp 5,7 triliun.

Sejak terkuaknya skandal rasuah itu, Fujimori melarikan diri ke Jepang, hingga Chili. Namun dia tertangkap dan diekstradisi ke Peru. Lelaki itu harus menghadapi pengadilan sebab kejahatannya.

 

 

Pavlo Lazarenko

 Pavlo Ivanovych Lazarenko merupakan perdana menteri Ukraina. Usia jabatannya hanya setahun, namun dia sudah mempunyai jaringan pencucian uang terbesar sejagat. Dia ditangkap dan ditahan di Amerika Serikat. Uang negara yang dirampoknya mencapai Rp 1,9 triliun.

 

Arnold Aleman

Jose Arnoldo Aleman Lacayo memerintah Nikaragua pada 1997 hingga 2002. Selama hampir dua dekade dia telah mencuci uang negara dan memindahkan ke rekening pribadinya hingga Rp 962,7 miliar.

 

 

Joseph Estrada

Josep Ejercito Estrada memerintah Filipina sejak 1998 hingga 2001. Dia satu-satunya presiden yang mengundurkan diri dari tampuk kepemimpinannya/ Sebelum gabung di politik, dia tersohor sebagai aktor dan pernah bermain di banyak film terkenal di negara itu.

Kekayaan Filipina dirampoknya hingga Rp 770,2 miliar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s