Apa Saja Kriteria Memilih Nama Perusahaan Berdasarkan Primbon Nama Perusahaan?


Urutan paling atas yang perlu Anda sadari untuk mencari nama perusahaan berdasar primbon nama perusahaan ada dua ya Ladies. Pertama, belum ditemukan info khusus terkait primbon nama perusahaan dan yang kedua biasanya nama perusahaan disamakan hitungannya dengan nama pribadi.

Jadi, yang perlu Anda ingat adalah kriteria pemilihan nama perusahaan berdasarkan primbon bisa saja berlaku general atau umum. Contoh, yang mungkin Anda lakukan ketika membuat nama perusahaan adalah memilih nama perusahaan yang mudah diucapkan sehingga memudahkan orang untuk mengingat brand atau nama tersebut.

Bukan hanya cara pengucapan saja yang harus diperhatikan ya Ladies, kemudahan dalam mengejanya juga sangatlah penting. Nah, bagaimana standar sebuah nama dikatakan mudah dieja dan dilafalkan?

Jawabannya tentu bergantung pada target perusahaan Anda. Jika target Anda adalah mereka yang tinggal di Indonesia, berarti masih berskala lokal saja dan menggunakan kata yang mudah dilafalkan oleh orang Indonesia tentunya.

Menggunakan Bahasa Indonesia yang biasa Anda gunakan akan menjadi saran yang harus diikuti. Namun, jika perusahaan Anda mentarget pasar asing, bisa saja Anda menggunakan kombinasi Bahasa Indonesia dan bahasa asing sesuai target pasarnya.

Misalnya saja Anda akan mendirikan perusahaan yang target pasarnya adalah orang Korea. Pastikan Anda menggunakan Bahasa Korea untuk membuat target pasar mengerti apa yang dimaksudkan.

Akan berbeda lagi jika Anda menargetkan pasar internasional bahkan global. Untuk ini, pemilihan nama dalam bahasa standar internasional yang bisa digunakan semua bangsa adalah pilihannya.

Misalnya target Anda adalah India, China, Afrika, Latin, Inggris, Rusia, Jepang, dan sebagainya. Sebaiknya, gunakan bahasa Inggris untuk memberi nama perusahaan baru Anda sehingga calon klien Anda di berbagai negara bisa segera memahami bidang usaha Anda.

 

Lanjutannya nih Ladies. Bagi Anda yang ingin memulai usaha baru, kriteria umum kedua yang mungkin disebutkan melalui primbon nama perusahaan adalah nama yang akan Anda pilih masih dikategorikan ‘available’, atau dengan kata lain belum digunakan oleh perusahaan lain.

Untuk kriteria ini, seperti langsiran dari laman kerjausaha.com, yang perlu Anda perhatikan bukan hanya ‘availability atau ketersediaan’ saja, namun kemiripan nama (similarity) juga sebaiknya dihindari untuk membedakan nama perusahaan yang akan Anda rintis.

Sebagai misal, jika calon pesaing bisnis Anda menggunakan nama ‘Pribadi Makmur’ untuk usaha mereka, sebaiknya Anda menggunakan nama lain yang benar-benar baru sebagai brand usaha Anda sendiri. Hindari pemilihan nama yang mirip, semisal ‘Pribadi Sukses’, ‘Individu Makmur’ atau bahkan ‘Pribadi Lebih Makmur’ yang bisa dibilang serupa tapi tak sama.

Perlu Ladies ketahui, seperti disalirkan dari  bahwa dalam dunia kerja atau bisnis lebih baik menjadi yang berbeda dan menonjol daripada mengikuti trend yang sudah ada, alias mengikuti arus. Alasannya cukup masuk akal: makin kreatif dan berbeda nama usaha Anda dibandingkan brand-brand yang lain, makin mudah dikenal oleh masyarakat yang akan menjadi konsumen atau sasaran usaha Anda sendiri.

Terlebih lagi, memilih nama yang berbeda bukan melulu demi kepentingan komersial, melainkan juga memudahkan Anda dalam urusan hak milik di hadapan hukum. Legalitas hukum untuk mendapat izin mendirikan perusahaan akan sangat terbantu jika nama calon perusahaan Anda ‘identifiable’ atau mudah dikenali.

Semoga berhasil dalam bisnis Anda!

 

Setelah dua kriteria dalam ulasan terdahulu, saatnya Ladies menyimak kriteria ketiga terkait cara umum memilih nama perusahaan berdasar informasi umum yang disalirkan dari primbon nama perusahaan. Dalam menentukan nama perusahaan yang akan Anda bangun, penting juga untuk mempertimbangkan latar belakang dari nama tersebut.

Dijelaskan, yang dimaksud pertimbangan latar belakang yang mesti diperhatikan adalah kesesuaian nama dengan bidang bisnis Anda. Misal saja, mencantumkan label ‘Tech’ sebagai latar belakang bahwa perusahaan Anda bergerak di bidang teknologi bisa sangat membantu pasar mengidentifikasi perusahaan baru Anda. Hal yang sama berlaku untuk pencantuman label ‘Fashion’ untuk Anda yang bergerak di bidang busana atau ”Printing” bagi Anda yang bergerak di bidang percetakan, dan sejenisnya.

Selain latar belakang, inspirasi atau ‘sejarah’ sebuah nama juga bisa digunakan sebagai dasar memilih nama perusahaan baru Anda. Seperti dilangsir dari laman kerjausaha.com, banyak sekali perusahaan besar, bahkan kaliber internasional, yang melakukan hal ini.

Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Nokia yang digunakan sebagai ‘pengingat’ bahwa perusahaan komunikasi ini pada awalnya merupakan sebuah pabrik kertas yang didirikan di dekat sungai Nokianvirta. Demikian juga dengan ‘Apple’ yang tercetus ketika sang pendiri, almarhum Steve Jobs, sedang makan buah apel.

Di samping sejarah dan latar belakang, banyak nama perusahaan yang diambil berdasar filosofi atau unsur idealisme untuk menambah daya tarik konsumen. Contoh adalah ‘Sanyo’ yang dalam bahasa Jepang berarti ‘tiga samudra’ yang mencerminkan ambisi sang pendiri perusahaan untuk memperluas jaringan pemasaran ke tingkat internasional, yakni menembus batas samudra Pasifik, Atlantik dan Hindia.

Contoh menarik lain adalah perusahaan ‘Google’ yang sebetulnya ingin disebut “googol” oleh sang pemilik. Makna kata terakhir adalah angka yang sangat besar, 1 diikuti 100 angka nol, untuk mencerminkan ide perusahaan terkait sistem indeksasi dan pencarian entry, yaitu 100 jawaban tersedia dengan satu kata kunci.

See Ladies, sangat menarik bukan?

Tips terakhir nih, Ladies! Seperti telah disebut terdahulu bahwa belum ditemukan info khusus terkait pemilihan nama perusahaan berdasar primbon, tapi tidak berarti Anda tidak bisa membangun nama baru yang bagus dan efektif untuk perusahaan baru Anda.

Kriteria berikut ini sebenarnya lebih berhubungan dengan perkembangan teknologi ya Ladies. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan online seperti membangun relasi hingga menawarkan produk barang dagangan. Perdagangan sistem online memang sangat membantu para pemula dan membawa banyak keuntungan.

Dari segi finansial dan ekonomis, waktu dapat dihemat sebanyak mungkin. Kalau mau publikasi atau promosi dengan cara tradisional tentu membutuhkan biaya transport, cetak dan lain-lain. Dengan internet, Anda hanya cukup menyediakan uang receh untuk berlangganan pulsa dan terhubung dengan pasar internasional.

Itulah sebabnya, seiring ekspansi perusahaan Anda nanti yang bakal bertambah luas, kebutuhan nama domain yang tepat juga sangat penting untuk membedakan nama perusahaan Anda dengan perusahaan yang lain, memiliki nama domain yang sesuai bisa memberi nilai tambah yang sangat besar.

nama bisnis Anda sebaiknya memiliki opsi ‘dotcom’ untuk membedakan dengan blog atau laman pribadi dan non-bisnis seperti pendidikan atau organisasi. Juga disarankan bagi Anda untuk menggunakan nama online yang sama dengan perusahaan Anda sehingga pasar tidak kesusahan merujuk usaha Anda secara offline dan online.

Demikian ulasannya, Ladies. Semoga bisa bermanfaat ya. In the end, good luck for starting up your business and sukses selalu! Thanks for your reading, Ladies!

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s