Bukan Diet ketat, Ini Cara Efektif Jadi Lebih Langsing di 2015


Menjalani pola makan yang lebih sehat dan menurunkan berat badan cukup banyak dijadikan resolusi untuk Tahun Baru. Sedikitnya sebanyak 40 persen orang membuat resolusi 2015 yang berkaitan dengan diet dan berat badan. Namun berdasarkan data yang dilansir Statistic Brain, hanya 8 persen orang berhasil mewujudkan resolusinya di 2014.

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh lebih langsing dan ideal di 2015 ini, tentunya ingin bernasib sama dengan 8 persen orang tersebut. Jadi, bagaimana caranya?

Jika menonton TV sampai larut malam, maka mulai tahun ini hentikan kebiasaan itu. Daripada bersusah-susah membuat resolusi untuk mengubah total pola makan Anda –yang lebih sering tidak berhasil– sebaiknya batasi saja waktu Anda di depan televisi.

Berdasarkan data dari National Weight Control Registry, sebanyak 4000 orang berhasil menurunkan berat badan sekitar 13,6 kg setelah mengurangi jam nonton TV. Diiringi dengan pola hidup yang lebih sehat, mereka pun sukses mempertahankan bobot tubuhnya yang sekarang hingga lebih dari setahun.

Menurut para peneliti, kesuksesan penurunan berat badan diperoleh karena terbatasnya durasi waktu menonton TV dalam sehari. Sebanyak 62 persen partisipan penelitian menonton TV kurang dari 10 jam per minggu sementara 33 persen mengaku hanya menonton di layar kaca lima jam seminggu.

Kenapa durasi menonton TV sangat berpengaruh terhadap sukses/tidaknya penurunan berat badan? Menurut studi dari American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan di depan televisi cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak karena otak menganggap porsi makanan tidak cukup mengenyangkan bagi tubuh.

Televisi, gadget atau perangkat elektronik lainnya membuat orang tidak fokus saat makan bahkan melupakan makanan yang sedang disantap. Semakin tidak mengindahkan makanan di depannya maka kesadaran untuk berhenti makan lebih rendah. Akibatnya orang akan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Jadi sebaiknya kurangi waktu Anda menonton TV terutama ketika jam makan.

Jika membatasinya dirasa sangat sulit, Anda bisa menguranginya secara perlahan atau bertahap. Terlalu banyak acara favorit yang sayang jika dilewatkan? Cobalah melakukan aktivitas lain saat menonton TV. Ini beberapa jenis olahraga dan latihan yang bisa dilakukan di depan televisi:

1. Jogging
Cara termudah berolahraga di depan TV adalah memulai jogging di tempat. Pilih acara TV favorit Anda dan berjalan-jalan di tempat selama jeda iklan. Biasanya akan ada 15 menit jeda iklan dalam satu jam acara. Jika Anda menonton TV selama dua jam, berarti Anda sudah jogging selama kurang lebih setengah jam.

2. Sit-up
Sambil duduk, cobalah tahan perut dan lepaskan kembali. Lakukan sebanyak 20-30 kali pengulangan. Latihan sederhana ini bertujuan memperkuat otot-otot perut Anda.

3. Squat
Squat adalah posisi yang dilakukan seperti Anda sedang ingin duduk. Tekuk lutut perlahan dan buka kaki selebar bahu Anda. Kemudian berdiri perlahan, jaga punggung tetap lurus sempurna dan lihat lurus ke depan. Ulangi kembali gerakan seperti duduk dan berdiri selama jeda iklan berlangsung. Hitunglah berapa banyak gerakan yang dapat Anda lakukan. Latihan ini baik untuk memperkuat dan mengencangkan kaki dan bokong.

4. Berjinjit
Angkat jari-jari kaki Anda dengan tumit ditekan kuat ke lantai. Tahan selama lima hitungan dan ulangi. Ini adalah latihan sederhana yang baik untuk mengencangkan betis Anda. Untuk meregangkan otot paha, naikkan satu lutut dan tempelkan ke dada, tahan selama lima hitungan. Ulangi dengan kaki satunya.

5. Treadmill
Gunakan treadmill atau sepeda statis selama acara favorit berlangsung, jika Anda memilikinya di rumah. Dengan begitu Anda tidak lagi bisa makan sambil menonton TV, yang justru menambah berat badan. Anda juga tidak perlu melewatkan acara favorit untuk berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s