Foxconn Ganti Para Pekerja Manusia dengan Robot Pekerja


Foxconn, produsen hardware yang semakin terkenal karena kasus percobaan bunuh diri beberapa karyawannya, berencana menggantikan sejumlah karyawan mereka dengan robot. Perusahaan ini menganggap biaya penggunaan robot lebih efektif dan efisien demi mengatasi dilema terhadap tenaga kerja manusia.

 

Kantor berita Xinhua melaporkan, perusahaan asal Taiwan yang memproduksi laptop, perangkat mobile dan berbagai hardware lain bagi Apple, Hewlett-Packard, Dell dan Sony ini direncanakan mengganti karyawan pabriknya dengan satu juta robot. Terry Gou, pendiri sekaligus pemimpin perusahaan, pada hari Jumat kemarin kepada para karyawannya menyatakan, langkah ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan mengatasi membengkaknya ongkos tenaga kerja.

 

Perusahaan saat ini mempekerjakan sekitar 1.2 juta orang, namun tidak diketahui berapa jumlah karyawan yang akan digantikan oleh robot. Perusahaan tersebut terkenal karena kecenderungan percobaan bunuh diri para karyawannya, setidaknya ada 16 kasus percobaan bunuh diri dilakukan karyawan perusahaan.

 

Menurut Associated Press, sebagian besar karyawan melakukan bunuh diri dengan melompat dari atap bangunan dan tiga orang diantaranya mencoba melakukan bunuh diri di tempat kerja. Hon Hai Precision Industries yang menjadi induk dari Foxhonn, berulang kali dituduh memaksa karyawannya untuk berkerja selama berjam-jam dengan upah yang rendah dan dalam kondisi tertekan.

 

Foxconn telah menggunakan sebanyak 10.000 robot dan jumlahnya direncanakan meningkat menjadi 300.000 pada tahun depan. Sementara pada tahun 2014, jumlah robot akan menjadi satu juta dalam populasi tenaga kerja perusahaan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s