Ramalan Tahun 2016 dan 2017 Suhu Bumi Bisa Lebih Panas


Ramalan cuaca tahun 2016 dan tahun 2017 akan berpotensi lebih panas dari tahun sebelumnya, merupakan sebuah hasil riset yang diungkapkan oleh Badan Meteorologi Inggris.

PihakBadan Meteorologi menyatakan jika kemungkinan besar sedang terjadi perubahan besar yang berlangsung pada sistem perubahan iklim yang dialami oleh bumi.

Hal tersebut merupakan sebuah dampak dari emisi rumah kaca yang semakin meningkat serta juga munculnya kecenderungan alam Bumi ini.

Riset itu juga dibuktikan dengan berjalannya El Nino yang terus bergerak ke arah Pasifik. Munculnya hal tersebut akan menimbulkan resiko semakin meningkatnya suhu dunia secara keseluruhan.

Akan tetapi bisa juga, musim-musim panas di Eropa juga bisa lebih dingin saat bagian dunia lain justru lebih hangat.

Menurut para ilmuwan, suhu permukaan bumi tahun 2015 rata-rata mencatat mendekati rekor terpanas (0,68 derajat celsius di atas suhu rata-rata tahun 1961-1990).

Direktur Hadley Centre Dinas Meteorologi Inggris, Prof Stephen Belcher, mengatakan, “Dengan kemungkinan bahwa tahun depan suhu akan sama panasnya, jelaslah bahwa iklim kita akan terus berubah.”

Pada penelitian yang dilakukan para ilmuan Meteorologi, sebelumnya mencatatkan jika pada bulan Juli 2015 ini merupakan suhu terpanas bumi.

Di negara Indonesia sendiri, berbagai dampak faktor dari bergeraknya El Nino, membuat musim kering tahun 2015 menjadi lebih lama dari tahun – tahun sebelumnya. Menurut perkiraan dari para ilmuwan musim kering tahun 2015 bisa saja terjadi hingga bulan Desember 2015.

Terjadinya musim kering yang cukup lama juga berdampak negatif seperti kekeringan, bahkan juga munculnya kebakaran hutan yang terjadi karena keringnya dedaunan yang ada di hutan pegungan maupun hutan cagar alam.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s