Pria Rentan Rugi saat Bernegosiasi dengan Wanita Cantik


Benarkah wanita berparas cantik lebih mudah menjalani hidup, memperoleh pekerjaan, dan mendapatkan kursi nyaman di sebuah restoran yang sangat ramai? Jawabannya, iya.

Studi menguak hasil penelitian yang mengatakan bahwa kecantikan wanita memudahkan sejumlah urusan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Studi yang diprakarsai oleh Zhejian University di China, menyimpulkan bahwa kecantikan wanita bisa memanipulasi objektivitas kerja otak, terutama terhadap pria.

Peneliti melibatkan 21 responden pria yang diminta melihat dan menilai 300 foto wanita China.

Mereka diminta untuk menilai foto wanita mana yang dianggap cantik dan mana yang tidak menarik.

Kemudian, para responden ini dipertemukan dengan wanita yang fotonya dianggap cantik.

Mereka diminta bermain permainan di komputer berpasangan.

Dalam permainan tersebut, responden pria diminta untuk membagi uang pada responden wanita.

Lalu, di waktu yang bersamaan, peneliti mempelajari pergerakan otak responden pria dan mencatat setiap respon yang terjadi di dalamnya.

Hasilnya, pria rentan rugi bernegosiasi dengan wanita cantik. Peneliti mengatakan responden sengaja membuat dirinya merugi demi wanita cantik.

Lalu, pria juga lebih cepat menanggapi dan menerima tawaran dari wanita berparas cantik, ketimbang wanita yang dianggap biasa saja.

Gelombang otak pria, kata peneliti, memperlihatkan mereka lebih sensitif dan peka terhadap baik buruk penawaran yang datang dari wanita berwajah tidak menarik.

Sebaliknya, pria tidak terlalu memperhatikan isi kontrak ketikawanita cantik yang menawarkannya.

Seorang psikolog yang tidak terlibat dalam penelitian, Anthony Little, dari University of Stirling, mengatakan bahwa dia tidak bisa menjelaskan mengapa ada gerakan otak yang berbeda pada priaterkait wanita cantik dan biasa saja.

“Umumnya, manusia memiliki penilaian bias terhadap lawan jenis yang dianggap atraktif, tanpa mempertimbangkan untung rugi diri sendiri.”

“Pasalnya, kerupawanan seseorang membuat kita tertarik, sehingga memiliki ekspektasi jika memudahkan urusan mereka, mungkin peluang untuk berkencan lebih tinggi,” urai Little.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s